Menyembah dalam Roh & Kebenaran

Yesaya 43:6-7,

“Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi, semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga kujadikan!”

Ayat ini berbicara tentang mengapa Tuhan menciptakan kita, yang sudah ditebus dengan Darah Yesus, kita diciptakan dengan kemuliaan Tuhan, untuk membawa kemuliaan Tuhan

I Petrus 2:9, “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib”

Kitalah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, kita ada untuk memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia (untuk memproklamasikan puji-pujian bagi Allah kita dalam terjemahan bahasa Inggrisnya)

Kita diciptakan untuk menyembah Allah. Kita segambar dan serupa dengan Allah untuk menyembah Dia.

Lagu:
Dan kuingin mengenalMu Tuhan lebih dalam dari semua yang kukenal
Tiada kasih yang melebihiMu, ku ada untuk menjadi penyembahMu

Yohanes 4:23-24, “Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar anak menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Ia menggunakan kata Bapa untuk menunjukkan siapa Allah kita. Persyaratan mutlak dalam penyembahan adalah saudara anak-anak Bapa.

Dalam hal doa pujian penyembahan hubungan kita adalah anak dan Bapa, hubungan kasih, ada relationship. Tanpa kasih tidak ada penyembahan, hanya ada nyanyian.

Dalam hal penginjilan, tugas yang harus kita lakukan hubungan kita dengan Tuhan adalah Tuan dan hamba.

Seorang penyembah adalah orang yang merindukan hadirat Tuhan setiap saat lebih dari kerinduan yang lain.

Worship, Proskuneo (kedekatan seperti dengan anjing peliharaan yang begitu sayang kepada tuannya)

Lagu:
Kusembah Kau dalam Roh dan Kebenaran
(2x)
Tak Seorangpun Juga Seperti Kau Yesus

Ada kuasa dalam pujian penyembahan. Ketika Tuhan hadir, setiap roh jahat itu lari. Penyembahan yang benar, dimana roh, jiwa tubuh hati pikiran kita semuanya mengasihi Tuhan, beres dari segala ganjalan, hati kita kudus.

Lagu:
Di hadiratMu aku puas (spirit of contenment)
Di hadiratMu aku bebas
Di hadiratMu ada t’rang kehidupanku
Pernyataan kuasa kekuatanMu

Kita kadang ga tahu ke arah mana kita harus jalan, waktu kita di hadirat Tuhan, tiba-tiba kita bisa melihat terang Tuhan yang menyinari, ada jalan keluar yang seperti begitu mudah, benang kusut itu terurai.

Lagu:
HadiratMu HadiratMu
Membawa Kesembuhan bagiku

Di Hadirat Tuhan ada hal-hal pemulihan yang terjadi di luar dari yang dapat kita pikirkan

Hadirat Tuhan adalah Tempat yang Paling Aman, Mazmur 91, ayat 1-2 adalah rahasianya, syarat intinya, ayat berikutnya adalah janji perlindungan Tuhan.

Mazmur 91:1-2, “Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”

Di Hadirat Tuhan kita akan diubahkan semakin mirip dengan Tuhan. Kalau kita bergaul intim sama Bapa, pasti lihatlah apa yang Bapa suka kita juga akan suka, apa yang Bapa benci, dosa, kita juga akan membencinya, apa yang Bapa rindukan belas kasihanNya kita juga akan miliki hati yang sama.

Lagu:

Bagaikan bejana siap dibentuk
Demikian hidupku di tanganMu
Dengan urapan kuasa RohMu
Ku dibaharui selalu
Jadikanku alat dalam rumahMu
Inilah hidupku di tanganMu
Bentuklah s’turut kehendakMu
Pakailah sesuai rencanaMu
Ku mau s’pertiMu Yesus
Disempurnakan s’lalu
Dalam setiap jalanku
Memuliakan namaMu

Tuhan Yesus Memberkati.

 

Sumber : Ringkasan Khotbah Pdm. Welyar Kauntu